Tuesday, July 12, 2016

Merasa sangat lelah? Yuk, ringankan dengan 5 makanan ini

Kelelahan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang lemah dan lelah. Kondisi ini berhubungan dengan kelelahan fisik maupun mental. Beberapa faktor yang memicu kelelahan seperti konsumsi alkohol dan kafein serta aktivitas fisik yang berlebihan. Kurang tidur, kurang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Gejala utama kelelahan adalah letih berlebihan, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau mental. Beberapa tanda lainnya seperti sakit otot, tidak semangat, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, cepat marah, kehilangan nafsu makan, murung dan kekurangan energi.



Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral untuk berfungsi dengan baik. Melansir dari top10homeremedies, berikut ini merupakan deretan makanan yang bantu kamu segar dan semangat lagi dengan cepat.

1.Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Tak hanya itu, pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat dan karbohidrat.

Deretan nutrisi tersebut akan membantu mengalahkan kelelahan, dehidrasi dan gejala kelelahan lainnya. Selain itu, kandungan gula alami dalam pisang (sukrosa, fruktosa, dan glukosa) sangat penting untuk meningkatkan energi dengan cepat.

Cobalah untuk mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari. Kamu juga bisa menikmati manfaat buah pisang dengan mengolahnya menjadi smoothies.

2.Teh hijau

Jika kamu sangat terusik dengan rasa lelah atau stres yang berkaitan dengan pekerjaan atau tanggung jawab lainnya, kamu bisa mengusirnya dengan secangkir teh hijau hangat.

Teh hijau mengandung polifenol yang membantu mengurangi stres, meningkatkan energi dan meningkatkan fokus otak. Selain itu, teh hijau juga telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan mencegah kelelahan.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau, cukup seduh satu sendok teh daun teh hijau kering dalam secangkir air panas, diamkan selama lima menit. Saring, lalu tambahkan madu serta konsumsi 2-3 kali sehari.

3.Biji labu

Biji labu merupakan camilan yang pas untuk memerangi rasa lelah yang menyerang. Biji labu sarat dengan protein tinggi, omega-3, vitamin B1,B2,B5 dan B6, serta mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, besi dan tembaga.

Semua nutrisi ini bekerjasama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi dan melawan gejala kelelahan. Selain itu, tripofan yang ditemukan dalam biji labu membantu melawan kelelahan emosional sekaligus memicu tidur yang lebih baik.

Dengan begitu, kamu bisa meringankan rasa lelah yang menyebalkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup mengonsumsi satu genggam biji labu yang akan memberikan energi secara instan.

4.Yogurt

Tingginya jumlah protein, karbohidrat dan probiotik dalam yogurt dapat menjadi bala bantuan untuk melawan gejala kelelahan. Bahkan, yogurt diproses lebih cepat dalam tubuh dibandingkan dengan makanan padat lainnya. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi sumber energi cepat.

Probiotik dalam yogurt juga membantu meringankan gejala sindrom kelelahan kronis. Tak hanya itu, yogurt juga memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi yogurt kapan saja, terutama yogurt tanpa rasa. Jika kamu tak menyukainya, kamu bisa menambahkan beberapa buah-buahan, atau kacang untuk membuatnya lebih lezat.

5.Semangka

Jika kamu merasa lelah karena beraktivitas di bawah teriknya matahari atau lelah setelah berolahraga berat, maka semangka dengan senang hati menawarkan bantuan buatmu.

Pasalnya, semangka kaya akan kandungan air dan elektrolit yang melindungi tubuh dari dehidrasi. Dengan begitu, semangka juga membantu kamu tetap aktif dan bebas dari kelelahan.

Share this

0 Comment to "Merasa sangat lelah? Yuk, ringankan dengan 5 makanan ini"

Post a Comment